Rabu, 25 Januari 2017

Pengalaman Seleksi Masuk STPP Bogor

Hai, udah lama ga cerita di sini. Sekarang aku mau share pengalaman ke kalian tentang Seleksi Masuk STPP Bogor. Kenapa sih seleksi masuk STPP yang pertama kali aku tulis di blog? Soalnya, emang jarang banget ada temen-temen yang lain, yang mengulas tentang seleksi masuk sekolah kedinasan ini. Padahal aku yakin, banyak diantara kalian yang mau tes, tapi bingung harus nyiapin apa karena ga tau, dan akhirnya nyasar ke blog ini. Iya kan? Iya kan? Ada yang tau STPP Bogor itu apa? Aku rasa udah ada yang tau kali ya sedikit tentang STPP Bogor itu. Okedeh, buat yang belum tau. STPP adalah Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian dibawah Kementerian Pertanian. Di Indonesia STPP ini tersebar di 7 lokasi, yaitu Yogyakarta, Magelang, Malang, Medan, Gowa dan Bogor. Yap, kota hujan dan seribu angkot ini, punya juga sekolah penyuluh pertanian, bukan cuma institut pertanian aja. Khusus di STPP Bogor sendiri, memiliki dua jurusan, yaitu Penyuluhan Pertanian dan Penyuluhan Peternakan. Kuliah di STPP itu sangat terjamin. Biaya masuk cenderung murah, untuk tahun 2016 lalu, kalau tidak salah sekitar 3 juta rupiah dan sudah mendapatkan beberapa pakaian seragam, bebas biaya asrama, dan bebas uang makan selama kita kuliah disana. Asyik kan? Kesempatan untuk menjadi PNS pun terbuka, namun tentu saja tidak semua lulusan STPP bisa langsung menjadi PNS. STPP bukan sekolah ikatan dinas seperti STAN, yang langsung diangkat menjadi PNS. Biasanya mahasiswa yang berprestasi yang lebih berpeluang menjadI PNS. Untuk kuota seleksi masuk, biasanya lebih banyak menerima untuk Jurusan Penyuluhan Pertanian. STPP ini menerima banyak mahasiswa setiap tahunnya. Untuk tahun 2015 lalu, Jurusan Penyuluhan Pertanian menerima sebanyak 90 mahasiswa dan Penyuluhan Peternakan sebanyak 72 mahasiswa. Untuk tahun 2016, aku ga tau soalnya ga dipublish jumlahnya di web. Tapi mungkin kalian bisa hitung sendiri di file penerimaan mahasiswa barunya. Hahaha. Mungkin kurang lebih sama. Itulah singkat cerita tentang STPP. Aku ga akan mengulas STPP lebih panjang lagi, silahkan cari sendiri informasi lengkapnya. Karena tujuan aku disini adalah mengulas tentang seleksi masuknya. Oke? Oke?
Seleksi masuk STPP Bogor, terbagi kedalam empat jalur, yaitu Jalur Tugas Belajar (PNS), Jalur Undangan, Jalur Kerjasama  dan Jalur Umum/Ujian Tulis. Disini aku hanya akan mengulas untuk Jalur Ujian Tulis bagi Lulusan SMA dan sederajat saja.

Nah, dimulai dengan pendaftaran. Pendaftaran ini dilakukan secara online melalui web pmb.stpp-bogor.ac.id. Untuk mendaftar, kita harus melakukan registrasi awal dulu dengan membuat account di web tsb. Lalu setelah terdaftar, kamu bisa melakukan login dan melengkapi pendaftaran. Kamu tidak dipungut biaya sepeserpun untuk pendaftaran ini. Tidak seperti di tempat lain, pendaftaran disini bebas biaya alias gratis. Setelah login, isi biodata kamu dengan lengkap lalu upload foto formal, copy ijazah, copy nilai ijazah, nilai SKHUN, Kartu keluarga dan Surat Keterangan Sehat. Jika kamu punya sertifikat prestasi bisa juga untuk dilampirkan. Tapi ku rasa sertifikat itu mungkin tidak terlalu membantu kalau kamu mendaftar jalur ujian tulis. Kalau bisa semuanya di scan, biar jelas. Jangan pakai foto hp ya. Hehehe.. Oia, kamu ga harus melengkapi semuanya dalam satu waktu kok. Bisa dicicil gitu mengisi datanya. Soalnya aku juga dulu gitu. Malah tadinya hampir ga jadi ngeberesin pendaftaran, soalnya males harus ke pelayanan kesehatan untuk minta surat keterangan sehat. Sampai-sampai panitia ngirimin aku email buat melengkapi pendaftaran. Jangan ditiru ya. Jangan suka iseng-iseng kalau daftar apapun. Harus serius ya. Nah, setelah email itu, aku akhirnya jadi juga ke pelayanan kesehatan buat minta surat keterangan sehat. Lalu aku scan, upload, selesai deh !!

Lama menunggu verifikasi, akhirnya diumumkan juga nama-nama yang berhak ikut seleksi ujian tulis. Dari 1853 yang mendaftar, 580 diantaranya lolos verifikasi. Jangan ngerasa ngeri dulu dengan angka ribuan itu, setelah aku perhatikan sih, emailnya ada yang hampir sama gitu. Jadi kayaknya angka yang membengkak itu karena ada orang-orang yang mencoba beberapa kali mendaftar karena gagal. Tapi masih dihitung oleh sistemnya. Atau juga mungkin seperti aku, mereka males menyelesaikan proses upload berkas pendaftaran sehingga tidak selesai. Aku rasa untuk proses pendaftaran ini, yang penting kamu isi dan lengkapi semuanya. Jangan sampai yang seharusnya diisi, malah kosong. Insya Allah Lulus verifikasi kok. Jangan minder gara-gara nilai ijazah/ SKHUN jelek atau Surat Keterangan Sehat, TB dan BB kurang ideal ya. Nah, kalau udah lolos verifikasi, kamu bisa login lagi dan print kartu ujian.

Selanjutnya, seleksi Tahap 1 Ujian Tulis. Nah, sebagai informasi, tahun 2015 TPA juga diujikan dalam seleksi tulis. Namun, tahun 2016 TPA tidak masuk kedalam mata uji, sehingga yang diujikan adalah Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Teknis Pertanian. Kak, aku paling ga bisa sama mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris. Nilai aku waktu di sekolah selalu jelek gimana dong, kak? Tenang aja, mata pelajaran yang diujikan disini ngga kayak UN apalagi SBMPTN. Disini hanya diujikan materi dasar saja. Aku yakin kalian pada bisa kok. Sayangnya aku nulis ini setelah 8 bulan tes itu berlalu. Jadi aku ga terlalu banyak inget detail soalnya apa-apa saja. Tapi aku bakal coba jabarin semaksimal mungkin disini. Tahun 2016 lalu, test dibagi jadi dua hari. Dua mata pelajaran per hari nya. Waktu itu aku kebagian di ruang aula. Sekitar 100 orang bahkan lebih disana. Selain aula, ruang kelas pun dipakai untuk test. Nah, di aula hanya disediakan kursi saja. Jadi siap-siap kamu bakalan pegel dan agak kesulitan buat nulis. Tapi untungnya, Lembar Jawaban yang dipakai bukan Lembar Jawaban yang discan komputer, tapi Lembar Jawaban yang dijawab dengan cara disilang. Ada banyak pengawas disana. Mulai dari dosen hingga mahasiswa. Seperti biasa, sebelum ujian dimulai, tas dikumpulkan kedepan. Dan aku mendapat posisi duduk sekitar 5 kursi dari belakang. Oia, untuk tau kamu kebagian di ruangan mana saat ujian, denah ruang ujian disediakan di mading. Jadi jangan sampai salah masuk ruang ujian ya, gara-gara ga baca mading.

Aku lupa nih, mata pelajaran mana yang diujikan duluan. Gapapa ya, yang penting aku bahasa semua pelajarannya. Oke, aku mulai dari Matematika. Disini disediakan waktu 2 jam. Kertas soal ga boleh dicoret-coret, tapi panitia akan memberikan selembar kertas buram untuk masing-masing peserta. Oia, sebelum ujian dimulai akan ada pengecekan kartu peserta, ijazah dan SKHUN. Pastikan kamu bawa lengkap semuanya ya. Untuk matematika sudah dibuat post tersendiri untuk contoh soalnya. Silahkan cek disini

Untuk Bahasa Indonesia, ini cukup mudah. Pilihan jawaban tidak membuat bingung, cukup jelas mana jawaban yang benar. Yang diujikan seperti gagasan pokok paragraf, melengkapi paragraf/percakapan yang kosong, dan ada istilah-istilah dalam bahasa indonesia seperti personifikasi, metafora, dsb (Bukan cuma tentang gaya bahasa ya). Yang pasti tentang EYD ini tidak terlalu rumit kok.

Untuk Bahasa Inggris, akan ada pengetahuan bahasa inggris dasar. Jadi seperti melengkapi kata yang kosong. Misalnya, You diikuti dengan to be apa, kalau kata plural harus ditambah s, dsb. Selain itu, ada juga melengkapi kata yang kosong dengan kata kerja bahasa inggris. Disini dituntut untuk hafal vocab. Kalimatnya memang mudah dimengerti. Tapi pilihan vocab dalam jawaban, kita tidak tau artinya apa. Menjelang nomor akhir, akan ada bacaan. Dan kita mengisi jawaban berdasarkan bacaan tsb. Tenang aja, bacaan nya mudah dipahami kok.

Untuk Teknis Pertanian, disini ada tentang dasar-dasar pengetahuan pertanian dan peternakan. Untuk yang tadinya dari SMK Pertanian atau SMK Peternakan rasanya kalian ga usah belajar untuk test ini. Karena emang dasar banget dan aku yakin sambil merem juga kalian bisa jawab. Hehehe. Dan untuk temen-temen yang dari SMA atau MA Non Pertanian/Peternakan kalian akan sedikit berpusing-pusing ria dengan mata uji ini. Ada beberapa soal yang masih aku inget, diantaranya :
1. Pengertian istilah intensifikasi, ekstensifikasi dan diversifikasi. Ini jadi 3 nomor ya. Jadi, di soal akan ada pengertian nya. Lalu nanti di pilihan ganda akan ada istilahnya. Pahami perbedaannya yaa.
2.  Berapa lama sapi hamil
3.  Waktu yang dibutuhkan telur ayam untuk menetas
4.  Waktu yang dibutuhkan telur puyuh untuk menetas
5.  Tanaman pendamping tanaman lain. Maksudnya jika kita menanam tanaman A, biasanya dibawah tanaman A tsb, ada tanaman apa.
6.  Tentang tanaman karet dan teh

Oia, untuk ujian tulis 2016 lalu tidak memakai sistem minus, jadi silahkan jawab saja semua soal.

Setelah selesai Ujian Tulis, kita menunggu pengumuman. Pengumumannya cukup cepat. Beberapa hari sebelum lebaran, sudah keluar. Bahkan tadinya aku ga tau, kalau pengumuman sudah keluar. Jadi, sering-sering aja cek web STPP nya. Pengumuman nya keluar disitu.

Gimana hasilnya? Alhamdulillah lolos. Saatnya menghadapi tes kesehatan. Jujur aja, memang agak kurang transparansi mengenai waktu pengumuman dan waktu tes. Jadi, untuk lebih jelasnya mengenai waktu ini, ada baiknya kamu menghubungi panitia supaya informasi lebih jelas. Apalagi kalau kamu tidak tinggal di Bogor. Dan minim informasi dari senior dan pihak sekolah tentang hal ini. Tes kesehatan dilakukan di rumah sakit daerah tempat tinggalmu. Kita bebas memilih rumah sakit mana saja. Karena yang akan diserahkan ke panitia adalah hasilnya. Tes yang dilakukan di rumah sakit meliputi tes darah, tes urine, kejiwaan/wawancara, rontgen paru-paru, tinggi badan dan berat badan. Disini kita akan mengeluarkan biaya yang cukup lumayan. Setelah sebelumnya pendaftaran tidak keluar biaya sama sekali.

Di STPP dilakukan Test kesehatan tahap 2. Hari pertama, kita hanya diukur tinggi dan berat badan saja. Karena kebetulan dokter STPP sedang tidak ada, jadi kami disuruh untuk kembali lagi keesokan harinya. Di hari pertama ini, peserta diperbolehkan langsung melakukan daftar ulang di aula dengan membayar biaya dan pengukuran seragam. Bahkan ada pula yang langsung ke asrama. Di STPP, mahasiswa diwajibkan menghuni asrama selama masa pendidikan, sekitar 4 tahun. Di asrama, setiap pintu sudah diberi nama masing-masing. Jadi yang sudah lolos tahap 1 saat tes tulis sebenarnya sudah 80 persen diterima menjadi mahasiswa STPP Bogor.

Hari kedua, dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh dokter STPP. Pada tahap ini, kamu akan diwawancarai juga. Apakah kamu alergi? Alergi makanan? Pernah dioperasi? Punya penyakit dalam? Berapa minus kacamata? Dll. Kamu juga akan disuruh membuka mulut, dan bagi yang berjilbab disuruh membuka jilbab untuk dilihat bagian telinga. Jadi tolong bagi perempuan berjilbab yang akan test kesehatan jangan pakai kerudung yang terlalu rumit dan banyak memakai jarum. Karena tentu itu akan sangat merepotkan. Selain itu, kamu akan di test berjalan mengikuti garis. Dan selesai. Jangan lupa, bayar biaya Rp125.000 untuk test kesehatan di kampus ini. Hasil test kesehatan tidak langsung keluar. Dan kemungkinan tidak dikeluarkan secara publik. Karena secara umum, orang-orang akan lulus test kesehatan ini kecuali punya penyakit berat.

Selesai. 
Terima kasih sudah berkunjung dan semoga cerita pengalaman ini bisa membantu kamu mempersiapkan Ujian Tulis STPP Bogor nanti. 

Mohon tidak menjadikan tulisan ini sebagai acuan dalam mempersiapkan ujian dan jadikanlah hanya sebagai gambaran umum saja. 

Untuk tambahan informasi mengenai STPP, kalian bisa cek FAQ ini

NB : 
Untuk teman-teman yang ingin bertanya lebih lanjut, silahkan isi pertanyaan di kolom komentar. Insya Allah, pertanyaan kalian akan saya jawab. Mohon jangan anonim (unknown), jujur aja saking banyaknya yang anonim kadang bikin saya bingung, apalagi kalau ada balasan lain di komentar bawahnya. Hehe
Kita saling menghargai aja yaa. :))
Terima kasih


Buat temen-temen yang mau baca pengalaman saya yang lainnya. Boleh banget klik link di bawah ini yaa :
Pengalaman Lolos SIMAK UI
Pengalaman SPMB Mandiri UIN Jakarta


233 komentar:

  1. Kak , boleh minta id line nya gak ? Mau tanya - tanya tentang STPP

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan bertanya disini saja yaa. :D

      Hapus
    2. Kak gigi saya berlubang dibagian gusi,itu gmn kak apa besar kmungkinan gk lolos tes kesehatan?

      Hapus
    3. Kak kalau tes fisik seperti lari, sit up gitu ada nggak?

      Hapus
  2. kak aku pengen tanya-tanya tentang STPP boleh?

    BalasHapus
  3. Maaf mo tanya anak saya laki" skolah SMK JURUSAN UNGGAS apa bs daftar di STPP BOGOR trs klo ada jahitan ringan bekas jerawat batu didaun telinganya bs lulus uji kesehatan THT ga? Mohon penjelasannya. TERIMAKASIH sblom nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya, apakah SMK Jurusan Unggas tersebut termasuk SMK-PP atau SMK Pertanian? Jika iya, berarti anak bapak/ibu bisa daftar di STPP Bogor. Karena salah satu persyaratan untuk daftar di STPP Bogor, yaitu berasal dari SMK-PP, SMK Pertanian, SMA IPA atau MA IPA.

      Terkait bekas jahitan ringan, menurut saya tidak masalah. Tapi tentu hal ini dikembalikan lagi pada kebijakan dokter dan pihak kampus.

      Semoga penjelasan saya dapat dipahami.
      Terima kasih kembali.

      Hapus
    2. Hallo kak ..
      Apakah yang lulusan sma jurusan geografi bisa masuk ?

      Hapus
    3. geografi nya masuk ke ipa atau ips? kalau ipa, bisa

      Hapus
  4. Kak saya mau nanya, apakah tinggi badan dan berat badan harus sesuai dengan syarat ? Apabila di bwh syarat tersebut berarti sudah dinyatakan tidak masuk yah ? DIBALAS YAH KAK, SAYA TUNGGU JAWABANNYA KAKAK...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, benar. Karena itu persyaratan awal.

      Hapus
    2. Emang harus berapa tinggi badannya dan berat badan untuk laki laki?

      Hapus
  5. Ka kapan pendaftarannya di buka

    BalasHapus
  6. Ka kapan pendaftarannya di buka?

    BalasHapus
  7. Maaf kak, apakah selama studi di STPP diwajibkan tinggal diasrama, apa tidak boleh dilaju, tksh

    BalasHapus
  8. Kuota yang akan di ambil dari setiap daerah itu kira2 berapa ya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya tidak ada kuota per daerah. Murni diambil dari nilai / hasil seleksi.

      Hapus
    2. Itu kalau ujian tulis ya.
      Kalau jalur undangan, saya kurang tau.

      Hapus
  9. Kak, apakah jika ada gigi bolong bisa berpengaruh terhadap penilaian kesehatan?

    BalasHapus
  10. Kak kalo daftar stpp sama sttd boleh nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ga salah, STPP itu ga masuk ke sekolah ikatan dinas yang 8 kan? Berarti boleh-boleh aja kok daftar dua-duanya. Tapi coba cek juga, jadwal tesnya bentrok ngga.

      Hapus
  11. Kak kalo daftar stpp sama sttd boleh nggak?

    BalasHapus
  12. Kak kalo yang mata nya minus bisa masuk ke stpp gak?

    BalasHapus
  13. Kk untuk belajar nya hanya ada d4 ya kk? Itu kita bayar persemester apa gratis kak?

    BalasHapus
  14. Itu yang dipakai nilai ijazah atau skhun?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ga salah, upload dua-duanya. Tapi tergantung nanti yg diminta saat pendaftaran apa. Siapkan saja dua-duanya.

      Hapus
  15. Saya minus 5 apa bisa masuk stpp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba daftar dulu aja, yang penting udah berusaha dan berdo'a.

      Hapus
  16. mau tanya ini website sttp bogor yang mana ya? kok dr kemarin ga bisa dibuka? apa lagi ngedown ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://stpp-bogor.ac.id/
      iya, saya coba buka juga belum bisa. Mungkin lagi perbaikan server. Coba lagi aja nanti.

      Hapus
  17. Balasan
    1. jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan disini saja yaa. hehe

      Hapus
  18. Kak, klo kita daftar stan/stis bisa daftar disini juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dulu, bisa. Soalnya stpp ngga termasuk ptk yang 8 itu.
      Tapi kalau udah daftar stan, ga bisa daftar stis yaa. Harus pilih salah satu. Karena stis dan stan masuk ptk yg 8.

      Hapus
  19. Pemeriksaan postur tubuh ada kk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tes kesehatannya sesuai dgn yg udah ditulis pada artikel di atas yaa. Kalau postur tubuh kan mungkin secara kasat mata juga sudah terlihat oleh dokternya.

      Hapus
  20. Pemeriksaan postur tubuh ada kk?

    Mohon di jawab kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. tes kesehatannya sesuai dgn yg udah ditulis pada artikel di atas yaa. Kalau postur tubuh kan mungkin secara kasat mata juga sudah terlihat oleh dokternya.

      sudah yaa

      Hapus
  21. Maaf kak sebelumnya, kalo tes kesehatannya sampai *maaf kak* bukak baju kak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dirumah sakit, pas mau rontgen, diminta ganti baju pake baju khusus.
      Kalau di stpp nya, ngga kok.

      Hapus
  22. kak itu kk yg diisi di catatan klo mau dftr,catatan bagaimana mksdnya kk

    BalasHapus
  23. Kak, ada tes buta warna gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau yang dilakukan secara khusus, ga ada. Paling cuma ditanya aja sama dokternya

      Hapus
  24. Kak tinggi badan dan nilai un berpengaruh besar ngga ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tinggi badan di syarat pendaftaran awal ada ketentuan minimalnya. Kalau nilai rasanya ada juga ketentuan minimalnya, cuma saya lupa itu nilai un atau nilai ijazah.
      Sering-sering cek website resminya aja ya.

      Hapus
    2. Berpengaruh besar atau tidaknya, kembali lagi pada kebijakan disana nya. Tapi kalau sudah ditentukan jadi syarat minimal, berarti memang mutlak harus dipenuhi karena jadi syarat awal. Mereka menentukan dan menilai dari berbagai aspek, tidak hanya dari tinggi badan atau nilai un.

      Hapus
  25. Kak, kalau yg milih jurusan Pertanian atau Perternakan nya itu kita sendiri, atau jurusan itu sudah ditentuin dri stppnya

    BalasHapus
  26. kak tes tahun 2019 apa aja? kira2 mtk nya IPA atau mtk dasar ? terus kuotanya brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf saya kurang tau, cek website resminya aja yaa.

      Hapus
  27. Kak kalau kita daftar stpp bogor ujiannya juga harus ke bogor kak?
    Atau bisa ujian didaerah masing-masing kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya, untuk STPP Bogor, biasanya dilaksanakan di dua lokasi. Di Bogor atau di Sumatera. Jadi tidak bisa di daerah masing2. Hanya bisa pilih di dua lokasi tsb.

      Hapus
    2. Kak klo di sumatra bagian mananya kak untuk ujiannya, soalnya saya disumatra nih pengen masuk stpp bogor

      Hapus
    3. kalau waktu itu, ujiannya di Sembawa

      Hapus
  28. Ka' klw giginya berlubang
    Apakah bisa lolos sttp

    BalasHapus
  29. Naik/turunnya nilai raport berpengaruh ga ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk jalur ujian tulis, ngga berpengaruh

      Hapus
  30. Kak kalau masuk dari jalur kerjasama pemda apakah akan jadi PNS ? Soalnya ada tes cat nya yg untuk jadi PNS

    BalasHapus
  31. Kak sy smk jurusan teknik komputer jaringan. Apa bisa masuk STPP?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ngga bisa. Persyaratan awalnya SMA/MA IPA atau SMK Pertanian

      Hapus
  32. Kak sy smk jurusan teknik komputer jaringan. Apa bisa masuk STPP?

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Halo kak, klo lulusan tahun ini tapi mau daftarnya tahun depan bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum halo kak,Kak saya lulusan SMK kesehatan tapi setelah lulus saya minatnya mau masuk STPP apakah bisa?

      Hapus
    2. Waalaikumsalam. Untuk SMK, dikhususkan dari smk pertanian ya

      Hapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Kak kalo daftar di STAN sm STPP terus keduanya diterima, kalo misal mau nglepas STPP didenda nggak?

    BalasHapus
  37. mau tanya kak, kalo gigi depan agak tidak rapi apakah bisa masuk polbangtan kak
    makasihh...

    BalasHapus
  38. Mau tanya kak. Kalau ujian tes CAT yang teknis pertanian. Yang diujikan Itu umum atau sesuai prodi yang kita pilih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. CAT? Setau saya, CAT itu buat CPNS.
      Mungkin maksudnya ujian masuk biasa ya?
      Untuk materi teknis pertanian, yang diujikan itu umum.
      Jadi, walaupun ambil jurusan pertanian, kita tetap dapat materi peternakan saat ujian teknis pertanian.

      Hapus
  39. Kak, surat kesehatannya apa harus dari rumah sakit ya? Dari puskesmas boleh gak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tahap pendaftaran awal, bisa surat keterangan sehat dari puskesmas.
      Tapi kalau udah masuk ke tehap tes kesehatan, harus dari rumah sakit.

      Hapus
  40. perbedaan universitas dengan polbangtan itu apanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau universitas dibawah kemenristekdikti.
      kalau polbangtan dibawah kementan.
      *CMIIW

      Hapus
  41. Kak izin bertanya,kalau sudah kuliah boleh daftar stpp tidak kak tetimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau persyaratan umur dan tahun lulus SMA/SMK nya masih memenuhi, boleh aja

      Hapus
  42. Kak izin bertanya,kalau sudah kuliah boleh daftar stpp tidak kak tetimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau persyaratan umur dan tahun lulus SMA/SMK nya masih memenuhi, boleh aja

      Hapus
  43. Kak izin bertanya,kalau sudah kuliah boleh daftar stpp tidak kak tetimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau persyaratan umur dan tahun lulus SMA/SMK nya masih memenuhi, boleh aja

      Hapus
  44. Kak izin bertanya, kalau mau masuk STPP harus ambil UN dengan mapel Biologi, atau boleh ambil mapel fisika?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya kurang tau, soalnya dulu belum ada kebijakan UN seperti ini.

      Hapus
  45. Ka saya ingin bertanya, jika tulang belakang memiliki kelainan, seperti skoliosis, apa menjadi penghambat untuk lolos masuk stpp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm.. Maaf saya kurang bisa memastikan juga.
      Saran saya, biar tidak penasaran, sebaiknya daftar saja. Ini kan ada beberapa tahap tes.
      Lolos atau tidaknya biar Allah SWT dan panitia yang menentukan. Setidaknya sudah berusaha.

      Hapus
  46. Kak mau nanya,apakah nantinya ada tes berenang?

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Kak mau tanya, web tentang kumpulan latihan soal tes tulis stpp ada nggk ya kak, saya mencari cari belum ketemu. Makasih sebelumnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga akan ada di website. Soal biasanya langsung dikumpulkan setelah ujian.
      Kalau mau liat gambaran matematika 2016, ini ada sedikit. Silahkan dicek http://yayangnurhaerani.blogspot.com/2017/05/contoh-soal-tes-seleksi-masuk-stpp-2016.html

      Hapus
  49. Kak mau liat nama2 yg lu2s administrasi dimana ya kak?
    Apa link nya?

    BalasHapus
  50. Kak mau liat nama2 yg lu2s administrasi dimana ya kak?
    Apa link nya?

    BalasHapus
  51. Mau nanya kalo udah lolos seleksi administrasi untuk liat tempat dan tanggal tesnya dimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf saya kurang tau.
      Teman2 yang tau, boleh banget bantuannya komen disini yaa. :)

      Hapus
    2. tidak tahu.. makanya itu saya bingung terkait jadwal dan lokasi hehe

      Hapus
    3. Sama, saya juga. :)
      Update informasi jadwal dan lokasi silahkan cek website resminya yaa.

      Hapus
  52. Kak untuk soal teknis pertanian selain yang kaka jelaskan diatas kakak masih ingat atau tidak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak. hehe
      Yang saya ingat, saya tulis disini

      Hapus
    2. Kebanyakan tentang seputar apa kak pertanyaannya? Teknik menanam/lama panen atau apa kak saya masih bingung

      Hapus
    3. Macam2, yang pasti banyak variasi soal.
      Kalo ga salah, teknik menanam dan lama panen juga ada.
      Perbanyak baca buku2 pertanian dan peternakan.
      Terutama teknik2 dasarnya.

      Hapus
  53. Kak gimana kalo bikin grup wa biar lebih mudah tanya jawabnya kak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduhh, nanti kalo ga ada member grupnya gimana? wkwkw

      Hapus
    2. Pasti ada kak saya wkwk, buat temen² yang mau bikin grup bisa kirim nomer wa disini ya nanti saya buatkan hehe

      Hapus
  54. Kak mau nanya, mohon dijawab , untuk ujian pertanian yg dlu kakak tes, apa2 aja kak selain materi yg kakak sampaikan di atas.

    Dan untuk binggris apa2 aja Materinya kak selain kakak sampaikan di atas, apakah ttng somple present, atau apa 🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya tentang pertanian dasar.
      Saya udah lupa, yang saya ingat pasti dituliskan disini.

      Untuk b.inggris, ada menjawab soal berd. teks, tenses, mengisi kata pda kalimat yg hilang, dll.

      Hapus
  55. Kak untuk tinggi badan berpengaruh besar tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berpengaruh. Kan diawal ada persyaratan minimal tinggi badan berapa

      Hapus
    2. Kalo tingginya kurang apakah masih bisa diterima kak?

      Hapus
    3. Kurang tau juga.
      Tapi biar ga penasaran, coba daftar dulu aja.
      Nanti kan ada seleksi lagi.

      Hapus
  56. permisi ka, saya mau tanya setelah pengumuman seleksi administrasi gimana cara mendownload kartu ujian nya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Login lagi ke akun pendaftaran. Nanti disitu ada link buat download kartu ujian.

      Hapus
    2. Iyaa ka saya juga bingung mau Download kartu ujiannya dimana, saya udah cari ke Web yg lain pun nggak ada ka

      Hapus
    3. Kalau dulu, login akun pendaftaran.
      Kalau di akun pendaftaran ga ada, saya juga kurang tau, mungkin sudah beda sistem dengan yang dulu. Coba hubungi pihak panitia ya.

      Hapus
  57. mau tanya, untuk waktu tes itu datang jamberapa ya?
    dan link untuk download kartu ujian apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadwal tes cek diwebsite resminya ya.
      Usahakan datang lebih awal agar tidak terlambat.
      Untuk download kartu ujian, login lewat akun pendaftaran.

      Hapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. Kak perkiraan pertanyaan untuk tes wawancara ya apa saja ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Heyya !!
      Dulu belum ada tes wawancara, jadi saya kurang tau wawancaranya seperti apa.
      Saran saya, hadapi dan jawab saja apa adanya.
      Good luck :)

      Hapus
  60. Ka mau tanya kalo udah lulus tahap 1 mau nyetak kartu pesertanya gimana ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Rahma Juliyati !
      Login dengan akun pendaftaran yaa.
      Link download biasanya ada disana.

      Hapus
  61. Kak untuk tahun ini tes nya tes CAT dan ada tes wawancara juga ada gambaran mengenai ini gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Unknown !
      Maaf, ga ada, soalnya dulu ga ada CAT dan wawancara.

      Hapus
  62. Kak untuk jurusan peternakan dengan jurusan pertanian soalnya sama atau dibedakan?

    BalasHapus
  63. Ka tes wawancaranya biasanya gimana yah ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Diyan !
      Waktu 2016 lalu, ngga ada tes wawancara.
      Jadi saya ngga bisa ngasih gambarannya.
      Maaf yaa :(

      Hapus
  64. kak, tesnya pilgan semua ya?

    BalasHapus
  65. Apa kotivasi kakak memilih sttp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanian itu aspek penting dalam kehidupan.
      Kalau ngga ada orang pertanian, kita ga akan bisa makan. Simplenya gitu.
      Motivasi kamu apa?
      Persiapan buat wawancara ya, nanya begini? 😑

      Hapus
  66. Pengumuman seleksi wawancara kapan ya kak

    BalasHapus
  67. Ka misal lolos ujian tulis dan wawancara kemungkinan bisa d trima apa ngga ? Apa d tes kesehatan juga mempengaruhi?

    BalasHapus
  68. Tes kesehatan meliputi apa aja ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tes kesehatannya semua. Kayak rontgen, urin, darah, dll. Kalo dulu datang ke RS, bilang aja mau tes kesehatan buat persyaratan kuliah di STPP, nanti pihak rumah sakitnya kasih tau yg dicek apa aja dan bayarnya berapa.
      Kalau tes kesehatannya udah, hasilnya dibawa ke kampus.

      Hapus
  69. temen-temen yang dari SMA atau SMK Non Pertanian/Peternakan kalian akan sedikit berpusing-pusing ria dengan mata uji ini " ujar kk.
    Dan saya mau tanya ni.. Apa bisa smk non pertanian bisa masuk . dan apa boleh daftarkan diri yg non smk kk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh, maaf yang itu ada salah ketik. Maksudnya SMA atau MA. Sekarang sudah diperbaiki yaa. Terima kasih koreksinya :)

      SMK Non Pertanian tidak bisa daftar. Yang bisa daftar itu hanya dari SMA/MA IPA dan SMK Pertanian saja.

      Hapus
  70. Kak mau tanya, kalo keadaan gigi sangat berpengaruh ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Arip Saripudin !!
      Dulu untuk keadaan gigi kurang begitu berpengaruh.
      Kurang tau untuk yang sekarang.
      Saran saya, coba daftar saja dulu. Jangan minder.

      Hapus
  71. Kak, kalau pake jilbab besar apakah itu berpengaruh dalam pendaftaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak. Jilbab besar tidak berpengaruh sama sekali dalam proses pendaftaran.

      Hapus
  72. Assalamualaikum
    Kak mau tanya kalau gigi bagian depan udh pake gigi palsu bisa lolos seleksi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam.
      Untuk tahun sekarang, gigi berpengaruh atau tidaknya kurang tau juga yaa.
      Saran saya, coba daftar saja dulu. Jangan minder.

      Hapus
  73. Ka kalo gigi ga rapi gimana ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba saja dulu untuk daftar, jangan minder yaa.

      Hapus
  74. Kak batas mata minusnya berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm.. kurang tau juga batasnya berapa.
      Dicoba dulu saja untuk daftar, jangan minder yaa.

      Hapus
  75. Ada tes fisik ga?
    Tes fisiknya apa ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tes fisik hanya berupa pemeriksaan kesehatan saja yaa.
      Sudah dijelaskan diatas :)

      Hapus
  76. Kak apakah SMK TKR otomotif masih masuk SMK PP?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SMK Otomotif tidak masuk SMK PP yaa.
      SMK PP itu maksudnya SMK penyuluhan pertanian

      Hapus
  77. apakah berat badan berpengaruh tes kesehatan kak?

    BalasHapus
  78. Kak mata saya minus 3 kak rabun jauh dan berat badan saya 46 kg kk apakah itu mempengaruhi ketidak lulusan kak ?

    BalasHapus
  79. kak minta nomor wa dong buat konsul hehe

    BalasHapus
  80. Kak maaf nanya yg kurang sopan. Kalau tes kesehatan nya apakah disuruh buka baju, dipegang2 dan tes perawan tidak ya kak? Maaf ya kak kalo ga sopan.

    BalasHapus
  81. Kak aku dari smk pertanian tapi jurusan kimia analis , nah itu bisa gak

    BalasHapus
  82. Kak tes kesehatan nya apa ajaaa

    BalasHapus
  83. Kak, untuk tinggi dan berat badan buat cewek itu berapa ya?

    BalasHapus
  84. Kak klo waktu smknya jurusan agribisnis pangan hortikultura ,apa bisa masuk jurusan penyuluhan pertanian berkelanjutan?

    BalasHapus
  85. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  86. Izin bertanya kak, apakah ips bisa masuk stpp? Dan apakah lulusan stpp langsung jadi pns? Terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga bisa dari jurusan ips ya. Ngga langsung juga, ada ketentuannya

      Hapus
  87. Lulusan polbangtan langsung kerja atau harus mencari pekerjaan kak?

    BalasHapus
  88. Kak mau tnyaa, polbangtan ini bkan ikatan dinas ya?

    BalasHapus
  89. Permisi kk mau nanya di polbangtan ini
    Untuk perempuan nanti seragamnya emang nggak bisa pakai rok..?

    BalasHapus
  90. Kak bisa jelasin jalur undangan . Kerjasama . Dan tulis . Saya kan udah kuliah kak pengen coba" daftar siapa tau rejeki . Kira kira bagusnya ikut jalur apa kak . Mhon d jawab kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. intinya kalau jalur undangan sama kerjasama itu udah ada perjanjian antara polbangtan dan sekolah/kantor sebelumnya.
      Kalau kamu udah kuliah, mau coba daftar. Bisa nya lewat jalur tulis aja

      Hapus
  91. Kak, ini polbangtan gak masuk ikatan dinas yah? Trs setelah lulus apakah langsung dapat kerja?

    BalasHapus

Contoh Soal UM UNDIP

Hola, kembali lagi dengan post contoh soal. Disini aku mau share tentang soal Ujian Mandiri. Kampus mana? Yap, UNDIP. Sayangnya, aku ga bisa...